#Mood Bosster : Move On


sumber gambar dari Google

Di sini ada yang pernah galau? Pasti semua pernah galau ya, kayaknya gak mungkin deh kalau ada manusia di dunia ini yang belum pernah mengalami galau, why kenapa bisa begitu? Attuh bahkan para Nabi dan Rasul aja, yang notabene mereka adalah utusan Tuhan pun pernah mengalami galau loh, tapai galau para nabi dan rasul itu keren, gak kayak kita, kalau mereka mengalami galau, itu karena kadang ada cobaan dan ujian yang begitu berat dalam mengemban tugas kenabian dan membawa risalah. Nah kalau kita mah galau juga palingan gara-gara cinta, diputusin pacar atau ditinggal menikah mungkin hehe :D, plis just kidding.

Galau adalah gejala normal yang sering dialami oleh manusia, namun bagaimana caranya agar galau tersebut tidak menjadi beban berat bagi kita, karena kadang banyak banget orang yang galau sampai melakukan hal atau pun tindakan-tindakan yang gak banget deh, misalnya ada yang sampai bunuh diri hanya karena gak tahan dalam menghadapi galau, Naudzubillah.

Nah di sini kita bakal belajar tips gimana caranya Move On dari kegalauan dan segala macemnya itu dari para nabi, rasul dan sahabat-sahabatnya, karena tidak ada contoh teladan yang paling baik kecuali kepada mereka yaitu para utusan Allah, para pembawa risalah kebenaran.
Tips yang pertama adalah keyakinan kepada Allah, loh koq gitu sih? Ya tentu donk, kudu yakin kita , karena yakin adalah pondasi dasar dan paling awal, nih ya misalnya kalo kita gak meyakini apa yang kita lakukan maka kita akan ragu-ragu dalam menjalankannya, kalau kita ragu menjalankannya maka hasilnya juga tentu meragukan, hal itu terjad karena kita ngerjainnya cuma setengah hati alias ragu, dan hasilnya tentu saja bisa temen-temen tebak sendiri lah, bisa dipastikan gagal.

Kita kudu yakin bahwasanya Allah itu ngasih ujian ataupun musibah disebabkan karena Allah itu sayang banget ama kita, Allah itu sayang banget ama hambanya, Allah pengen kita itu deket lagi, supaya kita inget lagi ama Allah, dan Allah gak ngasih suatu ujian atau pun musibah kecuali sesuai kemampuan dan kesanggupan hambanya, terus ada yang nanya begini “tapi koq itu ada orang yang ampe bunuh diri, kan katanya Allah gak akan ngasih ujian kecuali sesuai kemampuan hambanya” sekarang kita jawab, kenapa ada yang ampe bunuh diri dan lain-lain, jawabannya cuma satu, bukan karena ujiannya yang berat, bukan karena musibahnya yang besar, tapi karena dia nya yang gak yakin ama Allah, dia berputus asa dari rahmat Allah, mau musibah sebesar apapun, mau ujian seberat apapun tapi kalo dia yakin ama Allah bahwasanya tidak akan diuji seorang hamba kecuali sesuai kemampuannya, pasti dia gak akan melakukan hal-hal kayak tadi itu.

Yang kedua kita kudu bersyukur kalo dikasih ujian atau musibah, karena apa? Karena itu tandanya Allah masih peduli dan sayang ama kita, supaya apa? Tadi itu seperti yang udah dijelasin yaitu supaya kita inget lagi ama Allah, mungkin kita udah terlalu jauh dari Allah, makanya Allah ngingetin kita dengan ujian ataupun musibah, karena manusia tuh susah banget diperingatinnya, kalo udah ngerasa enak sedikit, senang sedikit aja kadang langsung lupa ama Allah, dulu aja waktu sakit rajin banget dzikirnya, sholat juga tetap dipaksain dengan cara yang normal, eh pas giliran udah sehat sholatnya suka telat dan lain-lain.

Kalo Allah udah gak peduli ama kita, Allah udah berlepas tangan ama kita, kalo kita udah di diunfollow ama Allah, itu lebih mengerikan banget dari pada ujian dan musibah, justru itulah musibah terbesar, kalo bahasa di Qurannya itu Barroatum Minnallah
(Inilah pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasul-Nya [Q.S At-Taubah (1)].
kalo Allah aja udah berlepas tangan dari kita, dalam artian kalo kita ada kesalahan gak pernah ditegur lagi ama Allah, beuh itu lebih bahaya banget, hal itu bisa terjadi karena kitanya udah gak mempan lagi ditegur, udah gak mempan lagi dinasehati, udah gak peka ama petunjuk Allah, ya mau gimana lagi, kayak kisahnya Fir’aun, padahal udah berbagai petunjuk Allah kasih, tapi itu si Fir’aun ogah nerima dan gak peka, udah dikirimin 2 nabi sekaligus yaitu nabi Musa dan Harun, bahkan nabi Musa diperintahkan mengajak dan berdakwah dengan bahasa yang lembut kepada Fir’aun, eh tapi Fir’aunnya malah gak mau, yaudah deh terjadi Barroatum Minnallah, Allah udah berlepas tangan, silakan kalo udah gak mau denger dan gak peka ama petunjuk, yaudah terserah mau ngapain aja tapi inget yaa...nanti tanggung sendiri akibatnya.

Yang kedua kita kudu yakin bahwasanya Allah akan memberikan ganti yang lebih baik, Allah lebih tahu apa yang terbaik bagi hambanya, kalo kita ditimpa musibah, maka berdoalah begini, ini doanya Ummu Salamah “Ya Allah berikanlah hamba kesabaran dalam musibah ini dan berikanlah hamba ganti yang lebih baik”, yakin deh ama Allah, bahwa Allah akan memberikan ganti yang lebih baik untuk kita, misalnya begini ada yang diputusin pacarnya yaelah gak perlu galau, itu tandanya kita akan diberikan ganti yang lebih baik, yang gak akan lagi ngajak kita pacaran tapi langsung “saya terima nikahnya fulanah bin fulan” yang diucapin didepan penghulu, bukan lagi ngedapetin lelaki ecek-ecek yang bisanya cuma ngajak pacaran doank hehehe.

Kurang lebih hanya segitu aja sih yang bisa disharekan, kalau di dalam tulisan ini ada banyak salah dan kekeliruan mohon maaf ya, tapi pasti ada aja yang keliru dan salah mh, gak mungkin kalo bener-bener sempurna hehehe. Wallahu a’lam

Sumber referensi dari Ta’lim dan ceramah Ustadz Hannan Attaki
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama