Merdekakan Pikiran dari Kungkungan Pandemi, Berdaya dan Berkarya

Semenjak akhir 2019, sudah hampir 2 tahun lamanya, pandemi Covid-19 mengungkung umat manusia. Bak penjajah yang melakukan penyerangan kilat, pandemi Covid-19 ini mampu memporak-porandakan keadaan suatu negeri, apalagi bila negeri tersebut tak bisa mengendalikan lajur penyebarannya, maka bisa dipastikan kondisi dan keadaan di negara tersebut akan lumpuh dan berantakan, sungguh mengerikan.

Tapi, walaupun demikian, hal itu bukan menjadi alasan bagi kita untuk terus menerus mengeluh dan mengutuk keadaan. Dari pada mengeluh, lebih baik kita mencari solusi dan jalan keluar. Bila diakui secara jujur, sebenarnya kehadiran pandemi Covid-19 ini tidak selalu semuanya berdampak negatif, segala sesuatu ada sisi negatif dan positifnya, begitu pun dengan Pandemi Covid-19, bila kita hanya fokus pada sisi negatif, maka yang akan kita temui tentu saja sifat negatifnya, begitu pun sebaliknya. Jika kita melihat dari kacamata positif, tentu kita akan bisa melihat sisi positifnya, salah satunya yaitu adalah percepatan perkembangan dan penerapan teknologi digital.

Dari pada fokus pada masalah yang di mana kita tidak bisa berkuasa atas hal tersebut, lebih baik kita fokus kepada sesuatu yang hal bisa kita lakukan dan kerjakan.

Jangan sampai pandemi Covid-19 yang telah mengekang dan memenjarakan tubuh fisik kita, juga turut mengekang pikiran dan kreativitas kita. Daya kreativitas mesti terus dirawat dan ditumbuhkan walau di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Jika dulu nenek moyang kita berperang dan berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan bangsa, maka saatnya kini kita di masa ini,  berjuang dan berperang melawan musuh yang tak terlihat, yaitu berperang melawan pandemi Covid-19, pun bila kita tidak bisa menang, minimal kita bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan normal.

Saatnya kita bebaskan dan merdekakan pikiran kita dari kungkungan dan jajahan Pandemi Covid-19, karena tanpa pikiran yang bebas dan merdeka, maka kita takkan memiliki nalar dan daya kreativitas. Minimal, walaupun kita terkungkung secara fisik, tapi tidak dengan pikiran dan daya kreativitas kita.

Kita jadikan momen pandemi Covid-19 ini untuk lebih mendongkrak daya kreativitas dalam berkarya, terus memutar otak mencari strategi dan jalan keluar. Mengasah kemampuan diri untuk terus berkembang dan belajar, karena merdeka bukan hanya soal keadaan bebas melakukan banyak hal, merdeka adalah ketika kita bisa melakukan banyak hal walau di tengah kesulitan dan keterbatasan, merdeka yang sesungguhnya adalah ketika pikiran kita terbebaskan dari kungkungan dan kemandegan.

#OprecODOP9
#KomunitasODOP
#OneDayOnePost
#MerdekadiTengahPandemi
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama