Hal Yang Membuat Diri Manusia Menjadi Tampak Rendah dan Hina (Hilang Kemuliaan)

Dalam menjalani kehidupan ini, ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan, karena manusia dinilai dari apa yang diperbuat dan dilakukannya.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin mesti kita ketahui, agar kita sebagai manusia bisa terhindar dari hal-hal yang bisa membuat manusia kehilangan kemuliaan dan kehormatannya sebagai manusia. Hal ini bukan berarti kita gila hormat, hanya saja manusia yang katanya disebut sebagai makhluk yang paling sempurna secara penciptaan, yang dibekali akal, maka seyogianya manusia menjaga martabat dan kemuliaan dirinya, menjaga kehormatan dan kemuliaan yang telah Tuhan karuniakan.

Jangan sampai manusia menjadi lebih rendah dari pada binatang, yang pada hakikatnya sebenarnya tidak ada binatang yang rendah, semua makhluk, telah Tuhan ciptakan sesuai dengan kadar, kodrat dan peruntukannya.

Maka yang membedakan kemuliaan antara manusia dan binatang serta makhluk lainnya adalah dari tingkah laku dan sikap manusia itu sendiri. Dan, berikut beberapa hal yang bisa membuat manusia menjadi tampak rendah dan kehilangan kemuliaannya.

1. Tak memiliki tata krama, tidak tahu sopan santun

Se-pandai dan se-cerdas apapun manusia, bila ia tak memiliki tata krama, maka ia akan menjadi hina. Setinggi apapun jabatan yang dimiliki, bila semisal dirinya tak memiliki tata krama, berlaku sembarangan dan bertindak sesuka hati tanpa memperhatikan adab sopan santun yang berlaku, semisal berbicara kasar, kotor atau pun perilaku nihil adab lainnya, maka dirinya akan kehilangan kemuliaannya sebagai manusia, perilakunya telah menghinakan dirinya sendiri. Oleh karena itu pelajarilah setiap adat dan budaya yang berlaku di suatu tempat jika kita sedang berada dan mengunjungi tempat tersebut, minimal tata krama dan sopan santun secara umum.

Dan, kemuliaannya akan semakin hilang dan rendah jika ia pun berlaku congkak, tak mau mendengarkan nasehat dari orang lain, maka orang lain pun takkan ada yang mau mendengarnya, takkan ada yang peduli padanya. Orang akan mengabaikannya, bahkan mencibirnya polah tingkahnya.

2. Banyak bicara yang tak perlu

Banyak bicara yang bukan pada tempatnya juga bisa membuat manusia kehilangan kemuliaan dan kehormatannya, dalam hal ini kita bisa belajar kepada filosofi Singa dan anjing, Singa disegani karena sikap diamnya, sedangkan anjing dibercandai bahkan ditimpuk karena banyak menggonggong dan berisik. Apalagi lidah tidak bertulang, sebenarnya lebih tepatnya adalah manusia harus menjaga lisannya, karena lisan atau mulut manusia tak memiliki pagar, sehingga kesadaran dan diri manusia sendirilah yang harus memagarinya.

Bicaralah secukupnya, bicaralah bila diminta, atau bicaralah jika pembicaraan tersebut mendatangkan manfaat dan kebaikan, semisal untuk menjalin kehangatan dalam obrolan dan mempererat silaturahmi. Jangan banyak bicara yang tak perlu, selain menghabiskan waktu dan tenaga, ditakutkan ada perkataan yang tidak disadari menyakiti perasaan orang lain, atau gampangnya adalah keceplosan.

3. Mentang-mentang, sombong

Hal berikutnya yang bisa membuat manusia menjadi tampak rendah adalah sifat mentang-mentang atau sombong, misalnya mentang-mentang anak pejabat kemudian bersikap semaunya, mentang-mentang memiliki jabatan kemudian bertindak semaunya dan tak mau mengikuti aturan, mentang-mentang punya ini dan itu, kemudian memandang rendah segala sesuatu selain dirinya. Maka hal ini bisa membuat dirinya menjadi tampak rendah, membuat kemuliaan hilang dari dirinya, karena mana ada manusia yang mau menghormati orang yang sombong, yang ada justru malah dibenci.

4. Omong besar

Bicara omong besar juga bisa membuat diri menjadi tampak rendah dan hilang kemuliaan, omong besar yaitu sombong dalam ucapan, semisalnya "Yah begitu mah saya juga bisa, harusnya begini," padahal kenyataannya dia tak mampu melakukannya. Omong besar yaitu banyak bicara tapi praktiknya nihil atau nol besar. Banyak bicaranya dari pada membuktikan.

5. Merendahkan dan mencela orang lain karena merasa diri lebih pandai

Merendahkan dan mencela orang lain hanya karena merasa dirinya pandai, maka hal tersebut juga bisa membuat diri manusia kehilangan kemuliaannya sebagai manusia. Ia ingin terlihat pandai dan hebat dengan menjatuhkan orang lain, mempermalukan  orang lain agar dirinya terlihat lebih unggul.

Justru hal demikian malah akan membuat dirinya menjadi tampak rendah, orang lain pun tak akan respect, karena jika benar-benar dirinya mampu dan berkapasitas, maka tanpa menjatuhkan orang lain pun, orang-orang akan mengakuinya. Tapi, jika sampai menjatuhkan orang lain, justru malah membuat dirinya menjadi terlihat bodoh, karena sampai sebegitunya menjatuhkan orang lain, mempermalukan orang lain agar dirinya dinilai lebih hebat dan unggul.

Bahkan dalam kompetisi sekalipun, walaupun pada hakikatnya saling berebut menjadi yang terbaik, namun dengan cara yang baik, membuktikan keunggulan diri dengan kemampuan yang dimiliki, bukan dengan menjatuhkan sesama.

Kurang lebih itulah beberapa hal yang kiranya bisa kita perhatikan, agar diri kita bisa terhindar dari sifat dan perilaku yang membuat diri kita kehilangan kemuliaan dan kehormatannya. Wallahu a'lam, hamba memohon dan menghaturkan ampunan kepada Ilahi Rabbi, jika seandainya di dalam tulisan ini ada kekurangan dan kesalahan.

Kepada para pembaca sekalian, jika ada hal yang sekiranya kurang tepat atau ada yang salah, jangan sungkan untuk menyampaikan masukan dan sarannya.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama