Empat Langkah Membangun Kapasitas Diri

SCALEUPJOURNEY - Halo sahabat Journian, kali ini kita akan membahas tentang tips membangun kapasitas diri secara mudah dan sederhana, tak terlalu berat dan mudah untuk dipraktekkan jika kita sungguh-sungguh berniat.

Berikut ini adalah 4 langkah membangun kapasitas diri yang bisa dicoba oleh sahabat semua, semoga bermanfaat yaa ;) 

1. Membangun Relasi dan Circle

Miliki dan bangunlah relasi dan circle sosial yang bisa mendukung kita untuk terus bertumbuh dan berkembang. Bagaimana kita tahu jika circle tersebut membuat kita bertumbuh dan berkembang, yaitu di setiap waktu dan pertemuan, selalu menambah pengetahuan, informasi dan perbaikan-perbaikan.

Circle sosial juga tak selalu dan melulu pertemanan di lingkungan fisik, tapi juga mencakup dunia maya, seperti internet dan media sosial. Follow atau ikutilah akun-akun yang bermanfaat, bangun dan bentuk behaviour serta interest yang baik, sehingga feed yang sering muncul adalah konten yang bermanfaat.

Karena, algoritma yang muncul dan digunakan oleh penyedia layanan seperti Google, Facebook, Instagram dkk, hanya akan memunculkan sesuai apa yang menjadi interest kita, yang didapat dari rekam aktifitas seperti klik, searching dan kebiasaan selancar yang kita lakukan di internet. Selain itu, akan lebih baik jika kita memiliki seorang mentor yang memang berkapasitas dan ahli di bidang tersebut.



2. Investasi Leher ke Atas

Pengetahuan dan Pendidikan adalah kunci utama untuk bisa mengembangkan kapasitas diri, sisihkanlah sebagian uang yang dimiliki untuk berinvestasi terhadap sesuatu yang sifatnya keilmuan dan pengetahuan, seperti mengikuti kursus, membeli dan membaca buku, ikut lokakarya atau pelatihan yang bisa meningkatkan kapasitas, baik hard skill maupun soft skill. Lebih baik lagi jika pelatihan ataupun kursus yang diikuti adalah yang bisa menunjang dan mendukung terhadap goals kamu. Misalnya ingin bisa menjadi seorang ahli pemasaran produk, maka bisa ikut kursus-kursus singkat atau bootcamp tentang marketing.


3. Miliki dan Bangunlah Kebiasaan Baik Secara Kontinyu

Miliki dan bangunlah sebuah kebiasaan baik yang bisa membantumu bertumbuh dan berkembang. Misalnya, membangun kebiasaan tepat waktu saat membuat janji, mengulangi materi pelajaran dari kursus yang diikuti, konsisten membaca buku, menjalin komunikasi dan menjaga relasi dengan baik. Menonton video motivasi secara berkala, dan yang utama adalah mengembangkan dan membangun spiritualitas diri yang baik, yang sesuai dengan keimanan yang diyakini dan dianut.

Pengembangan spiritualitas sengaja saya masukan secara khusus, bahwasanya menurut saya pribadi dan dari pengalaman yang dilalui, manusia membutuhkan ketenangan batin dan jiwa, melalui pengembangan spiritualitas dari keyakinan imannya masing-masing, maka hal itu akan membantu membangun fondasi yang kuat terhadap mental dan jiwa kita masing-masing.


4. Belajarlah dari pengalaman dan dari yang sudah berpengalaman

Berikutnya, untuk bisa meningkatkan kapasitas diri adalah belajar dari pengalaman, yaitu belajar dari hal-hal yang pernah kita lalui sebelumnya, pelajari, koreksi dan kembangkanlah ilmu ataupun pelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut.

Misalnya, pernah mencoba membangun bisnis kecil-kecilan, tapi kemudian belum berjalan lancar bahkan mandek. Dari pengalaman tersebut, cobalah pelajari hal-hal apa saja yang menjadi penyebab kemandekan bisnis tersebut, lakukan koreksi, dan bangkit lagi.

Atau misalnya mencoba daftar beasiswa, tapi misalnya belum lolos, coba dicek kembali. Diteliti lagi, apa yang menyebabkan kita tak lolos seleksi beasiswa tersebut, persiapan apa yang kurang. Lakukan koreksi dan evaluasi, agar jika kesempatan tersebut datang lagi, kita sudah siap. Itu namanya belajar dari pengalaman.

Selain belajar dari pengalaman, belajarlah dari yang sudah berpengalaman. Agar kita bisa meminimalisir kegagalan, dan lebih awal mempersiapkan bekal yang diperlukan.

Belajarlah dari mereka yang gagal dan yang berhasil, pelajarilah pengalaman dari keduanya. Dari yang gagal, kita bisa tahu dan menghindari hal-hal yang bisa membuat kita gagal, dan dari yang berhasil, kita bisa belajar hal-hal apa saja yang membuat mereka berhasil, dan kita jadi tahu hal apa yang perlu dipersiapkan.


#SelfImprovment #SocialAdvisor #ContentCreator #SelfDevelopment #CapacityBuilding
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama