Tidak ada kata terlambat untuk sebuah harapan dan cita-cita (part 1)

Tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang sifatnya adalah sebuah harapan, mimpi dan cita-cita. Tidak ada istilah "udah tua", "udah gak keburu", "udah terlambat" atau kamu mengatakan "coba kalau dari dulu mah, mungkin aku udah begini, mungkin aku udah sudah begitu" dan berbagai penyesalan lainnya.

Di dalam hidup ini tidak ada istilah terlambat untuk sebuah harapan terhadap mimpi dan cita-cita yang engkau dambakan dan yang ingin engkau tuju.

Segala sesuatu di dunia ini adalah momentum, sekali lagi saya tegaskan bahwa tidak ada istilah terlambat, kecuali kalau kamu mau interview kerja atau berangkat ke kampus, kemudian bangun siang dan ketinggalan bus atau angkot, nah itu baru terlambat. Tapi, untuk sesuatu yang sifatnya adalah sebuah cita-cita, sesuatu yang bisa membuatmu terus bergerak, membuatmu "meaningful" dalam hidupmu, maka tidak ada kata terlambat untuk kamu meraih hal itu.

Mungkin saja memang bukan momentnya, waktunya belum tepat, dan kita pun belum mempersiapkan diri untuk hal itu. Kata Panji Pragiwaksono, mimpimu tidak akan pernah mati, keinginanmu terhadap sebuah cita-cita tidak akan pernah mati, yang ada hanya tidur atau pingsan, dan akan bangkit lagi di hari tua sebagai sebuah penyesalan.

Betapa banyak orang-orang yang menyesal di masa tuanya, karena dahulu tidak pernah mencoba untuk berusaha meraih atau setidaknya mencoba berjuang untuk cita-citanya, dengan alasan karena situasi dan kondisi yang tidak mendukung, memangnya siapa yang bilang jika meraih impian atau mewujudkan harapan adalah hal yang mudah, apakah orang-orang yang bisa meraih impiannya adalah orang-orang yang dulu kondisinya mendukung, tidak juga, bahkan tak jarang kondisi mereka pada waktu itu dikatakan mustahil.

Tapi, apa yang kemudian membuat kebanyakan mereka berhasil melakukan dan menggapainya, karena mereka tak pernah berputus asa. Ingat kisah Elon Musk, dahulu, ia sangat ingin memiliki perusahaan yang bergerak di bidang antariksa, ia ingin bisa melakukan eksplorasi dan penelitian ruang angkasa, hingga pada akhirnya sekarang ia memiliki perusahaan SpaceX, apa yang dicita-citakannya kini terwujud.

Pada waktu itu memang sangat mustahil, tapi ia tak pernah membunuh mimpinya. Pada mulanya ia membuat perusahaan PayPal, kemudian ia kembangkan sampai besar, setelah itu PayPal dibeli oleh eBay, setelah mendapatkan modal dari penjualan PayPal, kemudian ia mendirikan perusahaan Tesla.

Jangan sampai nanti menyesal karena kamu belum pernah mencobanya,  (continued)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama